2





Sekilas eLKISI





eLKISI “Lembaga Kajian Islam Intensif”, adalah kumpulan dari beberapa orang yang mempunyai kesamaan fikrah di bidang sosial keumatan (kemanusiaan). Pada awalnya eLKISI merupakan wadah berkumpulnya para ustadz yang bergerak secara aktif ke daerah-daerah rawan pemurtadan dalam rangka pembentengan dan penyelamatan aqidah. Kegiatan ini dikemas secara periodik dalam bentuk SAFARI DAKWAH setiap bulan. SAFARI RAMADLAN dan SAFARI QURBAN setiap Idul Adha. Program kegiatan yang dilakukan sejak tahun 2000-an ini mendapatkan sambutan baik dari para jama’ah di daerah (Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta).

Selain itu, para ustadz ini bersama-sama dengan jama’ah binaan (majils ta’lim) bergerak secara aktif dalam misi kemanusiaan peduli masyarakat korban bencana; Tsunami Pancer Banyuwangi (2002), Tsunami Aceh (2004), tanah longsor jember (2005), banjir di Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Pasuruan (2008-2009), Gempa Bumi Bantul Jogya (2006), Lapindo (2006),Gempa Padang Pariaman (2009), Gunung Meletus Merapi (2010), Erupsi Gunung Kelud(2014).



Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diketahuilah problematika keumatan yang sangat kompleks. sehingga dirasakan tidak efektif kalau hanya sekedar melakukan safari dakwah, safari qurban dan misi sosial kamanusiaan lainnya. Maka terfikirlah sebuah ide untuk membuat sebuah lembaga sebagai tempat kaderisasi.



Melihat realita mayoritas jamaah majlis ta’lim adalah para orang tua lansia, maka melalui berbagai pertemuan yang dilakukan di sekretariat eLKISI Buduran (rumah Ust. Mujib Abdurrahman tempat tinggal Ust Fathur Rohman) muncullah gagasan untuk membuat pesantren lansia dan sekaligus penggalangan wakaf meteran. Dalam masa sosialiasi dan penggalangan wakaf untuk berdirinya pesantren ini, eLKISI mengadakan kegiatan pembinaan anak-anak secara rutin di sekretariat dan kegiatan Pesantren Anak Sabtu Ahad (PASA) yang kemudian dikelnal dengan LQC (Learning Question Children)


Kegiatan ini rutin diadakan setiap bulan di markas (sekretariat), bahkan juga dikembangtan di beberapa daerah: Gresik, Mojokerto dan Blitar. Selain itu eLKISI memanfaatkan liburan akhir tahun pelajaran dengan kegiatan Perkemahan Santri. Kegiatan ini pertama kali diadakan tahun 2008 di Mojodadi Pungging Mojokerto yang saat itu dibuka oleh bupati Mojokerto, H.Suwandi. Perkemahan Santri II diselenggarakan di Sumberagung Krecek Badas Kediri pada tahun 2009 dan dibuka oleh Kakandepag Kediri. Selanjutnya kegiatan tersebut diselenggarakan tiap tahun di komplek Pondok Pesantren eLKISI yang pesertanya dari beberapa daerah binaan di kabupaten Blitar, Kediri, Gresik, Sidoarjo dan Mojokerto.



Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

  1. Masyaa Allah Tabarokallah thayyib... Tingkatkan Knowledge, Skill, Atitude yg Islami / syar'i.(iman & taqwa)

    BalasHapus
  2. Berapa biaya masuk pondok eLkisi

    BalasHapus

 
Top